Toko Buku Online

SELAMAT DATANG!!!
Hadir dengan informasi pendidikan, kewarganegaraan, seputar guru, pembelajaran, artikel dan penelitian (PTK). Bagi siswaku, web ini merupakan papan tulis online, bagi rekan guru: take and give. Selamat Belajar!!!

Kamis, 19 Juli 2012

BELL SEKOLAH OTOMATIS, MENINGKATKAN DISIPLIN TEPAT WAKTU

Terusik oleh kinerja tenaga kependidikan di instansi tempat saya bernaung, membuat saya berfikir keras untuk membentuk karakter disiplin tepat waktu. Sudah bukan rahasia, Indonesiaku terbiasa dengan istilah jam "karet", jam "molor", jam "lemot" atau apapun untuk menyebutnya. Berbagai upaya pimpinan (kepala sekolah) untuk memposisikan tenaga kependidikan sesuai dengan tugas masing-masing, mulai membuat job diskripsi, mendudukkan beberapa tenaga "bandel" sampai memberi sanksi baik teguran lisan maupun tertulis. Namun beberapa langkah diatas efektifitasnya temporer, dan pada akhirnya kinerja kembali diusik oleh masalah tidak disiplinnya waktu.
Setelah "oprek" berbagai strategi di dunia maya, terfikir untuk membuat pengatur jadual dengan waktu yang limiditasnya akurat. Solusinya adalah waktu harus tepat sesuai dengan jadual, dan Bel Sekolah Otomatis saya gagas. Dengan persetujuan kepala sekolah, mulailah saya merancang dan mempersiapkan soft dan hardwarnya, melalui percobaan dan analisa sesuai dengan kemampuan yang saya miliki terwujudlah gagasan memasang instalasi bel otomatis dengan biaya yang super murah.
Beberapa alat yang harus disediakan adalah:

1. Unit CPU
Spek yang dibutuhkan tidak terlalu "muluk-muluk" cukup dengan pentium 3 "rongsokan" dengan pembenahan beberapa bagian peripheral bisa digunakan optimal.
2. Sound Card
Baik onboard maupun card, bisa digunakan. Lebih baik disarankan memasang yang ekternal yaitu usb sund. USB sound selain plug and play, juga hemat dari segi ketahanan alat karena letaknya diluar sehingga bisa bersahabat dengan suhu udara.
3. Unit Mini Amplifair
Berfungsi sebagai pendorong/output ke speaker tiap kelas, atau beberapa speaker yang diatur bisa menjangkau tiap sudut kelas.
4. Unit Horn (Corong)
Gunakan mini horn untuk menghemat biaya. Atau lebih murah dengan membeli loud speaker 8 Ohm di toko elektronik dengan harga murah dan buatkan box dari triplek bekas, dichat agar menarik dan tidak kumuh alias "kampungan". Pasang pada setiap sudut lorong tempat biasanya anak-anak/siswa berkumpul waktu istirahat.
5. Software Bel Otomatis
Banyak gratisan dari sahabat programer diposting, dengan sedikit bantuan "mbah google" bisa kita temukan software ini. Ada juga yang berbayar dengan lisensi dan registrasi melalui pembayaran dari sahabat programer. Lumrah, suatu karya harus dihargai.
Proses Instalasi Tidak Berbelit dan Mudah. 
  1. Install software bell otomatis di komputer, atur seting menurut jenis software masing-masing. Siapkan beberapa jenis suara bell, baik suara bell reguler maupun berjenis musik.
  2. Atur jadual waktu bunyi sesuai urutan jam pelajaran sekolah. Seting waktu di komputer, harus sinkron dengan jadual pelajaran yang dibuat masing-masing sekolah.
  3. Atur schedular timer melalui setting control panel. Selain mengatur waktu komputer, mengatasi ke-alpa'an petugas sebaiknya memasang timer auto start/on dan auto shutdown komputer. Agar kerja komputer bisa bekerja sama dengan power amplifier, gunakan power amplifier terintegrasi dengan komputer. Caranya adalah mengambil arus DC dari power suply komputer untuk menyuplai power amplifier (sebelumnya switching DC amplifier di setting). Setelah komputer terintegrasi dengan amplifier dengan bantuan software auto start dan auto shutdown, maka tidak usah harus menghidupkan komputer tiap hari. Kita hanya mengontrol secara temporer tentang kinerja dari program yang kita install/pasang. Bila ada trouble segera kita atasi.
Nah, dengan proses seperti di atas, sekolah tempat saya bernaung kini petugas tata usaha tidak usah repot-repot mendentang dengan pukulan tangan atau memencet secara manual bell sekolah. Total biaya yang dianggarkan juga tidak terlalu besar. Tetapi dengan pengelolaan yang telatan bisa digunakan secara optimal. Tanpa dipromosikan, beberapa sekolah di sekitar tempat saya bernaung menghubungi untuk dimintai keterangan tentang kinerja bell otomatis tersebut. Alhasil, beberapa sekolah meminta bantuan saya untuk merancang bell tersebut. Pembaca berminat? Bisa silakan kontak dengan saya di 085236637051 atau klik Pesan Bel Otomatis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes
Tetukoinposting.com: Toko Buku paling terpercaya silakan belanja di http://www.belbuk.com/?ref=1965.