Toko Buku Online

SELAMAT DATANG!!!
Hadir dengan informasi pendidikan, kewarganegaraan, seputar guru, pembelajaran, artikel dan penelitian (PTK). Bagi siswaku, web ini merupakan papan tulis online, bagi rekan guru: take and give. Selamat Belajar!!!

Kamis, 28 Maret 2013

PEMBELAJARAN LANGSUNG

Atau lebih dikenal Direct Instruction, merupakan model pembelajaran yang sebenarnya "alami" terjadi pada pembelajaran pada umumnya. Mengamati sebuah RPP yang disusun oleh teman, hampir semua menggunakan model direct instuction, hal ini tentu naif bila kita ikut alur kurikulum yang sekarang sedang digunakan. Pemahaman situasional pada proses pembelajaran, karakteristik materi dan karakteristik anak didik tentu menuntun kita pada model yang bervariasi. 
Selama ini pemahaman kita pada sebuah model pembelajaran masih terkesan ikut-ikutan 'trend'. Ketika booming workshop dengan bahasan strategi pembelajaran (didalamnya membahas model), kita begitu antusias. Antusias kita masih pada tataran konsep-teoritis. Pengalaman-pengalaman belajar berikutnya hampir tidak pernah menyentuhnya. Lantas melalui MGMP PKn Kab Bondowoso pernah saya coba mewajibkan micro teaching pada tiap kali pertemuan. Rata-rata teman edukator masih keculitan dan terasa tanggung. Setelah shearing pengalaman, mereka pada umumnya tidak menyadari bahwa pada setiap mengajar telah menerapkan model direct instruction walau secara rencana di RPPnya mencantumkan sebuah model pembelajaran tertentu. 
Review singkat di atas lebih baik kita lengkapi dengan memahami apakah direct instruction itu. Mari kita lihat di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes
Tetukoinposting.com: Toko Buku paling terpercaya silakan belanja di http://www.belbuk.com/?ref=1965.